Mobile Upload Pada Symbian S60v3

Sebelumnya kemudahan ini hanya dimiliki oleh BlackBerry. Tetapi kini facebook mobile sudah menyediakan fasilitas upload image langsung melalui ponsel (mobile upload) apapun. Caranya adalah dengan mengirimkan email berisi foto yang ingin di upload ke pihak facebook. Sebenarnya sudah cukup mudah, tapi cara ini tidak terasa seperti mobile upload. Kalau hanya mengupload gambar yang dikirim lewat email, rasanya kita tidak perlu minta bantuan pihak facebook segala. Selain itu jika dibandingkan dengan fitur mobile upload yang dimiliki BlackBerry, rasanya tidak efektif sekali, apalagi mobile upload dari m.facebook.com hanya bisa mengupload file foto saja, sedangkan file video untuk saat ini masih belum bisa.neutral

Adalah ShoZu, sebuah aplikasi yang memungkinkan kita menikmati kemudahan mobile upload pada ponsel symbian seperti pada ponsel BlackBerry. ShoZu tidak terbatas hanya pada ponsel symbian saja, ponsel-ponsel lain yang mendukung j2me pun bisa menikmatinya.

Pada saat pertama kali diluncurkan, ShoZu memberikan aplikasinya untuk di download secara gratis pada website mereka www.shozu.com. Sayangnya untuk saat ini kita tidak bisa mendapatkan aplikasi ShoZu secara gratis, namun kita bisa membelinya melalui Ovi Store.

Psst, sebenarnya saya dulu pernah mendownload aplikasi ShoZu waktu masih dibagikan secara gratis. Sekarang akan saya bagikan secara gratis juga untuk anda pengguna ponsel s60v3. Silakan ambil installer shozu untuk ponsel s60v3 disini, atau disini jika direct link tidak bisa digunakan.mrgreen

Nah, sekarang anda sudah memiliki aplikasi ShoZu di ponsel anda, tetapi untuk dapat menggunakannya anda harus memiliki akun ShoZu terlebih dahulu. Kali ini saya merekomendasikan anda untuk melakukan registrasi langsung melalui ponsel. Kenapa? Karena tampilan web shozu versi desktop (www.shozu.com) menurut saya terlalu "njelimet", sehingga registrasi akan lebih mudah dilakukan langsung melalui browser ponsel. Bukalah m.shozu.com melalui browser ponsel anda.

Pada tampilan awal halaman m.shozu.com, klik tombol "Get started now"


Selanjutnya, klik tombol "I want the application"


Kemudian isikan data-data anda dengan benar, termasuk alamat email dan nomor kontak agaar diisi dengan data yang sebenarnya, lalu tekan "OK"


Anda akan dibawa menuju halaman untuk membeli aplikasi ShoZu, namun anda tidak memerlukannya lagi karena anda telah mendapatkannya secara gratis pada link yang saya berikan diatas, so thanks to me. Hehehe...wink

Karena itu, tutup saja halaman tsb diatas dan kembali buka halaman awal m.shozu.com dan lakukan sign in jika diminta (menggunakan username dan password yang telah anda daftarkan sebelumnya). Setelah sign in, pilihlah "add web destination"


Kemudian pilihlah "facebook"


Wow, ternyata instruksi dan link aktivasi dikirimkan melalui email. Nah, untuk membuka email ini sebaiknya anda melakukannya melalui PC. Bukalah email dari ShoZu dan klik activation link didalamnya. Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah ini (atau ke halaman login jika anda belum login).

  1. Klik tombol "Go to facebook", anda akan dibawa ke halaman facebook anda (login jika belum login), pada notifikasi yang muncul klik "Allow" untuk menghubungkan akun facebook anda dengan aplikasi ShoZu dan anda akan dibawa kembali ke halaman ShoZu.
  2. Klik tombol pada perintah nomor 2, anda akan dibawa ke halaman facebook kembali. Disana anda klik tombol "Allow offline access" sehingga anda tetap bisa melakukan mobile upload walaupun anda sedang tidak online di facebook.
  3. Klik tombol pada perintah nomor 3, anda akan dibawa ke halaman facebook sekali lagi dan tekan tombol "Allow publishing" agar facebook menampilkan foto/video yang diupload melalui ShoZu di profil facebook anda.
  4. Untuk perintah nomor 4, anda bisa men-skip nya saja karena untuk update status lebih mudah dilakukan melalui web facebook itu sendiri.
Kini anda sudah sukses menambahkan akun facebook anda, selanjutnya agar mobile upload lebih "berkesan", buatlah sebuah album baru pada profil facebook anda. Beri nama album tersebut dengan nama semisal "Mobile upload - HP gue juga bisa, emangnya BB doang yang bisa?" atau anda juga bisa menggunakan nama lainnya sesuai keinginan anda. Hehehe..razz

Selanjutnya, perintahkan ShoZu untuk menyimpan setiap foto/video yang di upload kedalam folder tersebut. Caranya, login kepada account ShoZu anda jika belum login, lalu klik link "My Sites". Pada tampilan seperti dibawah ini, klik "edit".


Selanjutnya ubah destination albumnya pada menu facebook category menjadi album yang baru saja anda buat, pada contoh ini saya menggunakan album yang diberi nama "Nokia E63 can do it".

Anda juga bisa menambahkan tanda cek pada pilihan "Dont add 'uploaded by shozu' to uploads" kalau anda tidak ingin trik mobile upload anda ketahuanrazz

Well done! Selanjutnya anda tinggal membuka aplikasi ShoZu dari ponsel anda, lalu login dengan akun ShoZu anda. Tunggu hingga list website tersinkronisasi penuh dengan akun anda. Dalam hal ini, tunggu hingga menu "Facebook" muncul pada aplikasi ShoZu anda. Untuk melakukan upload, masuk ke menu Facebook tersebut, pilih file gambar yang ingin di upload dan tekan "Send to Facebook"!

Anda juga bisa menjalankan aplikasi ShoZu pada latar jika ingin langsung menampilkan menu "Send to Facebook" setelah anda mengambil gambar baru dengan kamera anda.

Silakan tanyakan hal-hal yang menurut anda masih belum jelas mengenai trik mobile upload ini melalui form komentar dibawah. Terima kasih.

4 comments:

alwanz on April 10, 2010 at 1:12 PM said...

Wew.. Nice Info bozz...
LanJut...
Nih., Lebih Simple lagi Silhkan Gunakan facebook Official for Nokia s60 v3...
aplikasi yang khusus buat facebook, Bisa Upload photo ke profil, album dsb..
Silahkan Download Disini

Salam Symbian Lover

Randa on April 10, 2010 at 1:24 PM said...

oh yang facebooc itu ya?
sip deh nanti dicoba dulu. sebenernya dari ovi store sendiri kan udah ngeluarin facebook for nokia, tapi cuma bisa dipake di nokia e71/e72.. makanya saya bahas shozu disini karena universal, bisa dipake semua symbian s60v3.

dhietho on January 2, 2012 at 10:24 AM said...

gan ,kalo ngerubah nama, via shozu upload. Jadi via apps buatan dvloper gimana?
Kalo upload dari shozu ,tetep ada tulisanya

Anonymous said...

masgan, reupload dund...dr tusfile, mau unduh lwt hp ni :D

Post a Comment

Dimohon untuk tidak memberikan komentar secara anonymous dan tidak melakukan spam. Terima kasih.