The Drakkarious Method

Sebelumnya, kita harus repot-repot melakukan sertifikasi dengan signtool dari PC yang terhubung dengan internet. Kemudian sertifikasi dipermudah karena dapat dilakukan langsung dari ponsel. Kini menginstall aplikasi unsigned akan semakin mudah. Setelah ini, anda akan merasa bahwa melakukan sertifikasi sebelum menginstall aplikasi menjadi merepotkan, karena kini anda bisa melakukannya tanpa mensertifikasi terlebih dahulu! Metode ini saya sebut dengan nama metode 100% bypass certificate check.

Metode bypass yang pertama adalah metode Drakkarious (The Drakkarious Method). Tujuan dari metode Drakkarious ini adalah agar kita bisa menginstall aplikasi unsigned apapun kedalam ponsel. Cara ini 99% aman apabila anda mengikuti langkah-langkah yang ada dengan benar.

Untuk dapat menjalankan program Drakkarious, anda harus memastikan bahwa versi firmware ponsel anda adalah versi 30 kebawah. Cara mengecek versi firmware adalah dengan mengetik *#0000# pada standby screen ponsel anda. Jika ponsel anda merupakan firmware versi 31 keatas, maka metode Drakkarious tidak berlaku bagi ponsel anda. Sebagai gantinya, gunakan metode bypass yang kedua (akan dijelaskan pada postingan terpisah).

Yang anda butuhkan:

  1. Ponsel symbian yang akan di bypass sistemnya.
  2. Sebuah PC dengan program winRAR atapun file extractor lainnya.
    Nantinya kita akan mendownload dan extract file Drakkarious.rar, baru kemudian ditransfer pada ponsel. Dengan menggunakan PC, tentu kita akan lebih mudah dalam mendownload dan meng-extract file.
  3. Kabel data, bluetooth, infrared, atau konektor lainnya untuk menghubungkan ponsel kepada PC anda.
  4. Download file Drakkarious.zip pada salah satu link dibawah ini:
    Direct link
    Mirror
Extract file .rar/.zip tersebut dan pindahkan isinya ke ponsel anda. Sebelum melakukkan instalasi, ubah dulu pengaturan tanggal di ponsel anda menjadi tanggal 15, bulan 5, tahun 2007. Selain itu jika anda sudah memiliki aplikasi X-Plore, anda harus menghapusnya terlebih dahulu. Setelah itu, anda baru dapat menginstall file Drakkarious.sis baik pada memori ponsel atau memory card.

Pada proses instalasi, anda akan diminta memilih satu diantara tipe Feature Pack ponsel anda, apakah itu PRE-FP1 atau FP1. Pilihlah yang sesuai dengan ponsel anda. Berikut sekilas daftar ponsel-ponsel sesuai dengan feature pack-nya.
  • PRE-FP1: Nokia (3250, 5500 Sport, E50, E60, E61, E61i, E62, E65, E70, N71, N73, N75, N77, N80, N91, N91 8GB, N92, N93, N93i), Samsung SGH-i570
  • FP1: Nokia (5700 XpressMusic, 6110 Navigator, 6120 Classic, 6121 Classic, 6124 Classic, 6290, E51, E63, E66, E71, E90 Communicator, N76, N81, N81 8GB, N82, N95, N95 8GB), Samsung (SGH-i400, SGH-i408, SGH-i450, SGH-i458, SGH-i520, SGH-i550, SGH-i550w, SGH-i560, SGH-i568), LG (KS10, KT610, KT615)
  • Notes: Agar lebih yakin dalam menentukan ponsel anda PRE-FP1 atau FP1, sebaiknya anda mengecek data ponsel anda di internet. Apabila pada operating system ponsel anda ditulis “Symbian 9.1” berarti ponsel Symbian anda adalah PRE-FP1, tapi jika pada operating system ditulis “Symbian 9.2” berarti ponsel Symbian anda adalah FP1.
Jika anda telah menyelesaikan instalasi, anda akan mendapatkan 4 aplikasi baru didalam folder installations anda, yakni X-Plore, HelloCarbide, capsOff, dan capsOn.
  • Jalankan aplikasi X-Plore dan pilih menu > tools > configuration > beri tanda check list pada 4 opsi pertama yang tersedia disana.
  • Tekan tombol menu untuk menjalankan aplikasi X-Plore pada latar (run in background).
  • Jalankan HelloCarbide, pilih options > Menu1. Pilih “yes” pada notifikasi yang muncul.
  • Kembali ke X-Plore, anda akan menemukan direktori baru pada “C:/Hack.rar”.
  • Extract file tersebut menggunakan fitur extract pada X-Plore ke direktori “C:/sys/bin/”. Jika folder C:/sys/bin tersebut tidak dapat ditemukan, tekan tombol menu kembali untuk menjalankan X-Plore pada latar lalu jalankan aplikasi capsOff. Setelah anda mendapati layar ponsel anda berkedip (blink), kembalilah masuk ke X-Plore.
  • Setelah di extract, selanjutnya pilih menu pada X-Plore > tools > restart device.
  • Ponsel akan melakukkan restart, dan saat menyala kembali, ponsel anda telah siap menerima aplikasi unsigned apapun. Jangan lupa untuk mengembalikan tanggal pada ponsel anda ke tanggal semula.
Sedikit penjelasan mengenai metode ini:
  • Aplikasi capsOff berfungsi untuk mematikan fitur capabilities ponsel yang menyembunyikan folder sistem ponsel. Karena itu setelah menjalankan capsOff, folder sistem pada ponsel akan terlihat. Untuk menyembunyikannya kembali, gunakan capsOn yang merupakan kebalikan dari capsOff.
  • Tujuan dari memundurkan tanggal sebelum instalasi adalah untuk menipu certificate check ponsel, karena sertifikat pada file Drakkarious.sis sudah expired pada hari setelah tanggal tersebut. Maka itu kita mundurkan waktunya menjadi sehari sebelum “certificate expired”. Masa berlaku sertifikat biasanya sekitar 2-3 tahun. Dari sini anda dapat menyimpulkan sendiri sudah berapa lama metode Drakkarious ini ditemukan.eek
Sekian penjelasan mengenai metode Drakkarious ini. Bagi anda yang menggunakan ponsel symbian dengan firmware versi 31 keatas dan tidak bisa menggunakan metode Drakkarious, harap bersabar karena pada postingan berikutnya saya akan menjelaskan metode bypass yang kedua yang anda bisa terapkan kepada ponsel anda.lol

3 comments:

Unknown on April 17, 2010 at 12:14 AM said...

maav nih bos numpang tanya, kok pas ngerunning hellocarbide trus pilih menu1, eh malah langsung keluar dr hellocarbide nya deh,
itu kenapa ya?

Awalk on October 2, 2011 at 7:01 PM said...

Saat buka caps off, layar ga' berkedip. Trus di Drive C ada folder sys tapi didalamnnya ga' ada folder bin. Saya coba bikin manual tapi ga' bisa. Gimana donk bro ???

Peternak Hebat on July 24, 2015 at 8:01 PM said...

work 100 % :D

Post a Comment

Dimohon untuk tidak memberikan komentar secara anonymous dan tidak melakukan spam. Terima kasih.