Sertifikasi Langsung di Ponsel Anda!

Melakukan sertifikasi menggunakan signtool memang mudah, tapi tidak efisien. Kenapa saya bilang begitu? Sebab untuk melakukan sertifikasi menggunakan signtool, anda membutuhkan sebuah PC. Selain itu, PC anda juga harus terkoneksi dengan internet. Jika anda tidak setiap saat bisa berada di depan PC atau jika anda tidak setiap saat bisa terhubung dengan internet, maka mensertifikasi aplikasi unsigned akan merepotkan anda.

Bagi anda yang merasa kerepotan untuk mensertifikasi aplikasi jika harus melalui PC yang terhubung dengan internet, maka anda bisa mulai mencoba untuk melakukan sertifikasi langsung dari ponsel anda. Ya, anda bisa melakukan sertifikasi langsung dari ponsel anda!

Penasaran caranya?razz

Oke, akan saya beritahu. Tools yang anda butuhkan kali ini adalah aplikasi Mobile FreeSigner yang memungkinkan anda melakukan sertifikasi langsung dari ponsel anda, dan tentunya anda membutuhkan file sertifikat anda (biasanya ada 2 file, yang satu berekstensi .cer dan satunya .key).

Anda tentunya sudah tau bahwa iMobile tidak memberikan file .cer dan .key tsb melainkan mereka menyimpannya di dalam server mereka dimana setiap anda akan melakukan sertifikasi anda harus terhubung dengan server mereka. Karena itu anda membutuhkan file .cer dan .key yang lain. Beruntung, sebuah perusahaan pengembang aplikasi bernama LeftUp menyediakan file .cer dan .key untuk kita download dan simpan di ponsel.

Semua tools yang anda butuhkan ini sudah saya gabungkan menjadi satu format zip, anda bisa mendownloadnya pada salah satu link dibawah ini:

Direct download
Mirror

Simpan file cer dan key pada suatu direktori pada ponsel. Selanjutnya install Mobile FreeSigner di ponsel anda dan jalankan.



Pilih file sis/sisx yang akan disertifikasi, kemudian pilih file key dan cert. Untuk password tidak perlu diisi karena keyfile dari LeftUp tidak diproteksi password. Selanjutnya anda tinggal menekan option > selfsign.

Dalam hitungan detik proses sertifikasi anda akan selesai. Jika berhasil, maka file output dari proses ini akan disimpan di dalam folder yang sama tempat anda menyimpan file yang menjadi input. File output ini akan berekstensi sisx, anda dapat menginstallnya karena telah disertifikasi.

Mudah bukan? Anda bisa melakukannya sambil tidur-tiduran di kasur, sambil duduk menonton TV, sambil menunggu antrian masuk bioskop, pokoknya dimana saja dan kapan saja!biggrin

Selamat mencoba!

5 comments:

Area & Coverage on February 2, 2010 at 7:05 AM said...

Untuk E90 tidak berhasil

Randa on February 2, 2010 at 10:24 PM said...

@aku
bisa tolong diperjelas tidak berhasilnya bagaimana? apa aplikasi yang anda coba sertifikasi?

soeby said...

untuk sertifikasi file .jar bsa tdk ? tks...

Opa Soal on June 25, 2010 at 7:58 AM said...

Mas File yang *.cer nya ngga ada dalam paketan, gimana nih solusinya?

Unknown on September 24, 2011 at 3:51 PM said...

setelah di sign dan berhasil, tapi setelah memilih tempat instal muncul: Requested Application Access not Granted. Solusinya gmna gan? HP saya E75,mksh sblmnya

Post a Comment

Dimohon untuk tidak memberikan komentar secara anonymous dan tidak melakukan spam. Terima kasih.