Solusi Masalah Sertifikat pada Aplikasi Symbian

Jika anda menggunakan ponsel dengan sistem operasi symbian S60 versi 3 keatas, anda pasti akan sering mendapatkan pesan “Certificate expired” ataupun “Certificate error. Contact the application supplier” saat sedang mencoba menginstall aplikasi/themes kedalam ponsel symbian anda. Padahal, pada ponsel symbian S60 versi awal seperti Nokia 3650, Nokia 6600, dsb, notifikasi seperti itu tidak pernah ada. Hal ini disebabkan karena mulai pada versi 3 keatas, symbian sudah menanamkan fitur keamanan pada sistemnya, dimana sistem akan menolak untuk menginstall aplikasi yang sudah sangat tua maupun aplikasi yang sertifikatnya bermasalah.

Certificate Expired

Aplikasi yang sudah sangat tua biasanya dibuat dengan kompabilitas ponsel symbian S60 versi 2 kebawah. Aplikasi ini tentu tidak akan sesuai jika di install pada ponsel symbian S60 versi 3 keatas, meskipun ada beberapa aplikasi/themes yang dibuat untuk symbian versi lama tapi dapat di install pada symbian versi 3.

Biasanya bila anda mencoba menginstall aplikasi yang sudah tua, anda akan mendapati pesan “Certificate Expired” kemudian proses instalasi terhenti. Untuk masalah ini anda bisa mengatasinya dengan mengubah pengaturan tahun pada ponsel anda menjadi beberapa tahun kebelakang. Kemudian anda bisa kembali mencoba menginstall aplikasi tersebut. Jika instalasi sukses dan aplikasi dapat dijalankan, artinya aplikasi yang sudah tua itu masih dapat dijalankan pada symbian S60 versi 3 keatas. Namun jika aplikasi itu tetap tidak bisa diinstall atau dijalankan karena masalah kompabilitas, sebaiknya anda hapus saja.

Certificate Error

Kebanyakan aplikasi yang akan memunculkan pesan “Certificate error. Contact the application supplier” ini adalah aplikasi yang belum disertifikasi, alias unsigned.
Aplikasi unsigned adalah aplikasi berformat .sis/.sisx untuk symbian yang belum disertifikasi oleh pembuatnya. Hal ini bisa saja disebabkan karena si pembuat tidak ingin mengeluarkan biaya untuk mensertifikasi aplikasi tersebut (saya sendiri juga baru tau kalau ternyata untuk mensertifikasi aplikasi membutuhkan biaya ). Mungkin juga si pembuat malas, atau tidak memiliki waktu untuk melakukan sertifikasi pada aplikasi buatannya.

Aplikasi unsigned tentu belum melewati tahap pengujian secara resmi. Tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi tersebut masih mengandung bug yang dapat menyebabkan kerusakan pada operating system ponsel. Karena itu, ponsel symbian biasanya akan menolak aplikasi yang belum disertifikasi, sehingga aplikasi tersebut tidak dapat di-install kedalam ponsel.

Sebenarnya, kita tidak perlu khawatir untuk menginstall aplikasi unsigned. Kita hanya perlu berhati-hati sedikit dalam menginstall aplikasi unsigned kedalam ponsel. Install aplikasi unsigned hanya dari sumber-sumber terpercaya saja, apabila aplikasi itu memiliki fungsi yang jelas dan memang benar-benar dibutuhkan. Sumber yang terpercaya biasanya telah mengetes sendiri aplikasinya sebelum diperkenalkan untuk publik. Selain itu, perhatikan juga bagaimana review dari orang-orang yang sudah mencoba menginstall aplikasi tersebut lebih dulu. Apabila pada review tersebut tidak banyak orang yang komplain, kenapa tidak?

Apabila anda ingin menginstall aplikasi unsigned pada ponsel symbian, anda harus melakukan langkah-langkah dibawah ini terlebih dahulu.

  • Akses menu pada ponsel symbian anda, lalu masuklah kedalam folder Installations.
  • Di dalamnya masuk ke Application Manager, atau biasa disingkat App.mgr.
  • Pilih options, lalu pilih settings.
  • Ubah pilihan pada Software Installation dari signed only menjadi all
  • Dengan ini ponsel symbian anda akan menerima aplikasi apa saja. Baik yang sudah disertifikasi maupun belum disertifikasi.
  • Ubah juga pilihan pada Online Certificate Check menjadi off
  • Mematikan fitur online certificte check akan membuat ponsel anda tidak akan terhubung otomatis ke internet untuk mengecek keaslian sertifikat aplikasi yang akan di install. Untuk apa anda mengecek keaslian sertifikat aplikasi yang tidak memiliki sertifikat?
Jika anda telah melakukan langkah-langkah diatas namun tetap belum bisa menginstall aplikasi unsigned, ada dua solusi alternatif yang bisa anda lakukan. Solusi pertama adalah dengan mensertifikasi sendiri aplikasi unsigned tersebut menggunakan sertifikat anda sendiri. Solusi kedua adalah dengan membypass 100% fitur certificate check menggunakan patch buatan pihak ketiga. Kedua cara alternatif ini akan saya jelaskan secara terpisah pada postingan lain. Karena itu, kunjungilah blog ini secara rutin agar anda terus mendapatkan update terbaru. Hehehe..razz

0 comments:

Post a Comment

Dimohon untuk tidak memberikan komentar secara anonymous dan tidak melakukan spam. Terima kasih.