Mematikan Suara Shutter Kamera Ponsel

Siapa yang butuh suara shutter kamera SLR tua saat memotret melalui kamera ponsel? Selain mengganggu saat kita ingin berfoto candid, ternyata suara shutter ini juga sedikit memperlambat kinerja kamera ponsel saat proses penyimpanan gambar. Suara shutter kamera ini menyebabkan terjadinya delay 1-2 detik pada waktu diantara saat kita menekan tombol shutter kamera dengan proses penyimpanan gambar kepada memori penyimpanan, sehingga terkadang gambar yang tersimpan tidak sesuai dengan gambar pada saat kita menekan tombol shutter kamera.

Sebenarnya ponsel symbian terdahulu telah memiliki opsi untuk mematikan suara shutter kamera pada menu pengaturan kamera. Sayangnya opsi ini kemudian dihilangkan dengan alasan mencegah penyalahgunaan kamera pada ponsel. Sebagai gantinya, symbian memberikan kita empat macam suara shutter kamera yang bisa kita ubah sesuai keinginan kita. Namun diantara empat opsi suara yang diberikan tidak ada satupun suara shutter yang tidak mengganggu.

Bukan berarti kita tidak bisa mengakalinya, setidaknya saat ponsel berada pada modus silent, kita bisa memotret tanpa suara shutter yang mengganggu. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah menginstall sebuah patch bernama cCam pada ponsel anda. Patch ini akan mematikan suara shutter kamera jika kita mengubah pengaturan pada Warning Tones ponsel menjadi off. Biasanya pada modus silent, warning tones sudah disetting untuk off secara default . Namun jika tidak, anda bisa mengubahnya sendiri melalui menu profile ponsel.

Patch ini merupakan file unsigned sehingga anda perlu mensertifikasinya terlebih dahulu. Namun anda tidak perlu melakukannya lagi jika anda sudah membypass certificate check ponsel anda.

Download cCam Patch
(Direct link) (mirror)

0 comments:

Post a Comment

Dimohon untuk tidak memberikan komentar secara anonymous dan tidak melakukan spam. Terima kasih.