Mengubah Font Ponsel Symbian

Tampilan font pada ponsel symbian terus mengalami perubahan dari sejak symbian mengeluarkan symbian s60, s60v2, s60v3, dan kini yang terbaru adalah s60v5. Perubahan bentuk font tersebut meliputi bentuk karakter huruf yang semakin diperhalus pada setiap versinya. Meskipun begitu pada ponsel symbian tidak tersedia menu untuk mengubah jenis font yang digunakan. Yang ada hanyalah menu untuk mengubah ukuran font namun itupun tidak terlalu mendetil.

Mungkin ada kalanya anda merasa jenuh dengan tampilan font ponsel symbian yang sama. Hal ini dapat dimaklumi karena symbian menggunakan jenis font yang sama pada setiap versinya. Contohnya, default font pada ponsel Nokia E51 akan sama dengan default font pada Nokia E71 sebab keduanya sama-sama ponsel symbian s60v3. Kalau begitu, bagaimana jika kita sedikit mempersonalisasikan tampilan font pada ponsel s60v3 kita agar tidak selalu sama dengan ponsel s60v3 lainnya?biggrin

Caranya sangat mudah, jika anda telah membypass sistem ponsel anda maka yang harus anda lakukan adalah menginstall sebuah patch bernama FontRouter kedalam memori ponsel anda. Selain itu anda juga harus menginstall aplikasi bernama FontRouterMan untuk mempermudah anda dalam melakukan kustomisasi terhadap tampilan font.

Download FontRouter (Direct link) (mirror)
Download FontRouterMan untuk s60v3 FP1 (Direct link) (mirror)
Download FontRouterMan untuk s60v3 FP2 (Direct link) (mirror)

Anda bisa mencari di internet untuk font yang anda sukai, yang penting pastikan font tersebut memiliki ekstensi file .ttf (true type fonts). Berikut ini ada beberapa jenis font yang pernah saya gunakan, anda pun bisa menggunakannya untuk percobaan jika belum sempat menemukan font yang cocok dengan anda.

YaHeiMyriad; Zoom ratio: 93; Y adjust: 5

Direct link
Mirror

Scooter; Zoom ratio: 93; Y adjust: 2

Direct link
Mirror

ChinaCat; Zoom ratio: 93; Y adjust: 0

Direct link
Mirror

Setelah anda mendapatkan font yang diinginkan, simpan font tersebut ke direktori C:\Data\fonts\
Selanjutnya buka aplikasi FontRouterMan.
  • Untuk memilih jenis font yang akan anda gunakan, tekan options > open font > phone memory. Kemudian pilihlah jenis font yang akan anda gunakan.
  • Lakukan pengaturan pada font anda. Beberapa pengaturan dasar yang penting adalah zoom ratio (persentase ukuran font), y adjust (menaikkan/menurunkan posisi font), dan font style (bold, italic, dsb).
  • Untuk melihat hasil perubahan tsb anda harus melakukan restart pada ponsel anda.
Untuk mengembalikan font anda menjadi default font s60v3, pertama-tama masuklah ke dalam direktori C:\data\fonts\ dan temukan file bernama fontrouter.ini di dalamnya. Pindahkan file tersebut ke direktori manapun di dalam ponsel anda, kemudian lakukan restart pada ponsel anda. Setelah di restart anda akan mendapati tampilan font ponsel anda telah kembali seperti semula. Kembalikan file fontrouter.ini ke direktori C:\data\fonts\ jika anda ingin menggunakan custom fonts anda lagi.

Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment

Dimohon untuk tidak memberikan komentar secara anonymous dan tidak melakukan spam. Terima kasih.